Penelitian: Miras Sebabkan Tujuh Jenis Kanker

Sebuah kajian mengisyaratkan adanya kaitan kuat antara mengkonsumsi minuman keras (miras) dengan tujuh jenis kanker. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Addiction menyatakan terbukti kuat pengaruh merusak langsung miras, meskipun penjelasan biologisnya masih belum jelas.

Kanker yang ditemukan terkait langsung dengan konsumsi miras adalah kanker mulut dan leher, laring, esofagus, hati, usus, lambung dan dada. Bulan Januari Pejabat Kesehatan Inggris mengatakan pada tingkatan apapun minum alkohol memang berisiko terhadap kesehatan.

Miras diperkirakan menyebabkan sekitar 500.000 kematian karena kanker pada tahun 2012 saja. Bulan Januari Pejabat Kesehatan Inggris mengatakan pada tingkatan apapun minum alkohol memang berisiko terhadap kesehatan. Miras diperkirakan menyebabkan sekitar 500.000 kematian karena kanker pada tahun 2012 saja.

Tahun 2014, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa miras antara lain dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan, sitosis hati, bunuh diri, kekerasan, maupun cedera karena kecelakaan.

Antara 4% sampai 30% kematian karena kanker di seluruh dunia dapat dikaitkan dengan konsumsi miras (untuk kanker payudara, yang paling umum, angkanya mencapai 8%).

Miras dalam jumlah sedang juga dapat meningkatkan risiko. Sedangkan minum satu gelas per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sampai tingkat 4% dan minum dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko hingga 40-50%. Chanelmuslim.com

Leave a Reply